Mengapa Lampu lalu lintas di sebut lampu merah ?

Tahu lampu lalu lintas ? , yang gak tau pasti baru keluar di gua ya mas ? lampu lalu lintas itu alat pengatur lalu lintas atau yang lebih tepat nya penjelasan dari wikipedia,com
Lampu lalu lintas (menurut UU no. 22/2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan: alat pemberi isyarat lalu lintas atau APILL) adalah lampu yang mengendalikan arus lalu lintas yang terpasang di persimpangan jalan, tempat penyeberangan pejalan kaki (zebra cross), dan tempat arus lalu lintas lainnya. Lampu ini yang menandakan kapan kendaraan harus berjalan dan berhenti secara bergantian dari berbagai arah. Pengaturan lalu lintas di persimpangan jalan dimaksudkan untuk mengatur pergerakan kendaraan pada masing-masing kelompok pergerakan kendaraan agar dapat bergerak secara bergantian sehingga tidak saling mengganggu antar-arus yang ada.
Ini namanya lampu lalu lintas
 Kenapa di sebut lampu merah ? enggk lampu kuning atau lampu hijau ? mungkin kebanyakan dari orang datang pada saat lampu lalu lintas sedang berwarna merah jadi mereka menyebut nya lampu merah dan menjadi penyebutan turun temurun sampai sekarang , jika saja orang dulu selalu datang pada saat lampu kuning , mungkin saja nama nya sekarang bukan lampu merah tapi lampu KUNING.
Sudah tahu sejarah lampu lalu lintas ? saya punya kutipan dari website kesayangan saya si wikipedia.com simak ya !

Penemu lampu lalu lintas adalah Lester Farnsworth Wire. Awal penemuan ini diawali ketika suatu hari ia melihat tabrakan antara mobil dan kereta kuda. Kemudian ia berpikir bagaimana cara menemukan suatu pengatur lalu lintas yang lebih aman dan efektif. Sebenarnya ketika itu telah ada sistem perngaturan lalu lintas dengan sinyal stop dan go. Sinyal lampu ini pernah digunakan di London pada tahun 1863. Namun, pada penggunaannya sinyal lampu ini tiba-tiba meledak, sehingga tidak dipergunakan lagi. Morgan juga merasa sinyal stop dan go memiliki kelemahan, yaitu tidak adanya interval waktu bagi pengguna jalan sehingga masih banyak terjadi kecelakaan. Penemuan Morgan ini memiliki kontribusi yang cukup besar bagi pengaturan lalu lintas, ia menciptakan lampu lalu lintas berbentuk huruf T. Lampu ini terdiri dari tiga lampu, yaitu sinyal stop (ditandai dengan lampu merah), go (lampu hijau), posisi stop (lampu kuning). Lampu kuning inilah yang memberikan interval waktu untuk mulai berjalan atau mulai berhenti. Lampu kuning juga memberi kesempatan untuk berhenti dan berjalan secara perlahan.

Jika saja yang tabrakan mantan pacar nya si penemu lampu lalu lintas mungkin Lester Farnsworth Wire enggan membuat lampu lalu lintas
Previous
Next Post »

7 komentar

nice info gan (y) emang udah turun temurun hehe

Ternyata ada sejarah nya toh :D

Wah baru tau ane ternyata ada asal-usulnya,,,

ternyata begitu,info yang sangat menarik

bagus juga sejarahnya gan jadi nambah imu nih

Sejarah tidak boleh di lupakan, thanks ilmu nya


EmoticonEmoticon