Loading...

Duluan Ayam atau Duluan Telur?

Duluan Ayam atau Duluan Telur?
Duluan Ayam atau Duluan Telur?
Duluan ayam atau duluan telur? Jika mendengar kalimat tersebut pastilah Jambulers paham apa yang sedang kita bicarakan ini. Kita sedang membicarakan sebuah "fenomena debat kusir abadi sepanjang masa" karena memang pertanyaan duluan ayam atau duluan telur itu sifatnya mbulet sekali.

Yang duluan ada itu ayam atau telur? Pertanyaan tersebut sama saja tidak ada jawabannya alias mbulet. Jika ayam lebih dulu daripada telur, bagaimana ayam itu menjadi ada? Bukankah ayam itu ada karena telur yang menetas? Lalu, apabila telur lebih dulu daripada ayam, bagaimana telur itu ada? Bukankah telur menjadi ada karena ayam yang mengeluarkannya?

Oke, daripada mbulet terus. Mending ayo jambulers ikutin aja logika ala Jambulpedia dalam menalar fenomena tersebut. Berikut adalah beberapa daftar logika yang Jambulpedia tawarkan:

  • Segala sesuatu tercipta karena adanya Kun Fayakun dari Tuhan Yang Maha Esa. Debat Duluan Ayam atau Duluan Telur adalah debat ateistik. Jadi yang gemar sekali memperdebatkannya biasanya merupakan para ateis. Apa itu ateis? Mereka adalah kaum yang tidak percaya akan adanya Tuhan. Jika Tuhan dianggap tidak ada, maka, Kun Fayakun tidaklah mungkin dipercaya ada.
  • Duluan Ayam atau Duluan Telur adalah produk dari filsafat materialisme. Penggagasnya adalah para ilmuwan yang berusaha mencari causa prima (sebab utama kejadian) di luar term Ketuhanan. Jadi bagi para ilmuwan, baik itu ayam dulu, maupun telur dulu, ia haruslah berwujud kebendaan (materi). Kun Fayakunnya Tuhan (Jika Tuhan Berkata Jadilah, Maka Terjadilah Ia) dianggap para ilmuwan sebagai alasan yang tidak rasional dan bukan sesuatu yang bersifat kebendaan. Sebab utama kejadian haruslah berada dalam konteks yang dapat dinalar oleh akalbudi dan panca indera manusia. Harus bisa dibuktikan secara empiris, dalam arti bisa dilihat oleh manusia selagi ia hidup di dunia.
  • Jika memang debat Duluan Ayam atau Duluan Telur harus diakhiri karena mbulet sekali membuat pusing. Maka Jambulpedia menawarkan solusi untuk menengahi pihak ateistik dengan teistik, serta pihak materialis dengan spiritualis. Menurut Jambulpedia, duluan mana antara ayam dengan telur, jawabannya adalah duluan ayam. Karena dalam benak Jambulpedia, ayam adalah suatu simbol dari makhluk yang telah sempurna, dapat bernafas, makan, dan bergerak, sebagaimana manusia sehingga ia dapat menjalankan fungsi reproduksi.Bagaimana ayam menjadi ada, merupakan suatu keniscayaan yang membutuhkan iman. Pertanyaan bagaimana ayam menjadi ada sebagai makhluk pertama (causa prima, sebab utama kejadian) barangkali dapat terpecahkan dengan mengasosiasikannya dengan rumus Albert Einstein soal Energi, bahwa Energi=Massa dikali Kuadrat Kecepatan Cahaya.

Begitulah logika yang dapat ditawarkan oleh Jambulpedia dalam menyikapi debat kusir mbulet perihal Duluan Ayam atau Duluan Telur. Di lain kesempatan, Jambulpedia akan menghadirkan artikel yang menjadi follow up dari artikel ini, yaitu tentang persoalan Makhluk Pertama yang Diciptakan Tuhan: Malaikat, Jin, atau Manusia. Terima kasih sudah setia membaca jambulpedia.com
author

This post was written by: Author Name

Your description comes here!

Get Free Email Updates to your Inbox!

Post a Comment

CodeNirvana
© Copyright qipedia
Back To Top