11 Cara Mengurangi Efek Radiasi Ponsel

11 Cara Mengurangi Efek Radiasi Ponsel
Mengurangi efek radiasi ponsel
11 Cara Mengurangi Efek Radiasi Ponsel – Bagi manusia moderen yang aktivitas sehari-harinya tidak mungkin lepas dari ponsel maupun smartphone, penelitian badan organisasi dunia (WHO) pada Mei 2008 terdengar cukup menggembirakan.


Dikatakan dalam kesimpulannya, penggunaan ponsel dipastikan tidak meningkatkan risiko kanker otak secara signifikan. Sebenarnya radiasi apa pun, besar atau kecil bisa berdampak pada tubuh manusia. Ponsel mengeluarkan radiasi yang berefek pada tubuh. Agar efek itu berkurang, lakukan langkah-langkah berikut:

1. Mengambil Jarak

Sebagian besar merek ponsel mencantumkan jarak antara pemakai dan ponselnya, misalnya 10 milimeter dari tubuh. Belajarlah untuk tidak terlalu dekat dengan ponsel. Mungkin sulit, tetapi bukan tidak mungkin.



2. Hindari Sinyal yang Lemah



Ponsel memancarkan radiasi pada frekuensi tinggi ketika sinyal lemah. Ini berarti Anda harus menghindari menggunakan ponsel ketika sinyal lemah untuk menghindari efek yang tidak diinginkan.



3. Gunakan Hands-free atau Bluetooth Headset



Cara paling mudah untuk mengurangi dampak radiasi ponsel adalah menggunakan perangkat yang tidak langsung ke ponsel seperti Hands-free atau Bluetooth Headset.



Cara ini menjauhkan pemancar sinyal dari otak di kepala, namun tidak bisa mencegah risiko impotensi selama masih dikantongi di celana. Perangkat bebas genggam nirkabel, misalnya bluetooth juga masih memancarkan radiasinya sendiri meski lebih sedikit.



4. Bergantian Telinga



Jangan menghabiskan terlalu lama menelepon dengan satu telinga. Gunakan bergantian antara telinga kanan dan kiri. Ini akan mengurangi paparan radiasi gelombang magnetik dan panas yang dikeluarkan oleh ponsel.



5. Pegang Bagian Bawah



Masih berkaitan dengan point nomor 2 di atas. Saat menelpon jangan pegang bagian atas ponsel karena akan mengurangi sinyal, jika demikian maka ponsel akan membesarkan radiasinya.



6. Jangan Simpan Ponsel di Kantong Baju atau Celana Terlalu Lama



Otak bukan satu-satunya organ tubuh manusia yang terpengaruh oleh radiasi ponsel. Penelitian membuktikan, radiasi bisa mempengaruhi kualitas sperma pria dan meningkatkan risiko kanker payudara pada wanita. Untuk mengurangi risiko tersebut, ada baiknya ponsel disimpan di tas kecil yang bisa dijinjng ke mana-mana.



7. Gunakan Casing Anti-Radiasi



Berbagai produk untuk mengurangi radiasi ponsel banyak ditawarkan di pasaran, mulai dari stiker antiradiasi hingga casing khusus untuk ponsel cerdas yang radiasinya cukup tinggi. Sebuah pengujian independen yang dilakukan majalah Wired menunjukkan, beberapa merek casing antiradiasi mampu mengurangi radiasi hingga 66,7 persen.



8. Jauhkan Ponsel Saat Sedang Tidur



Anda mungkin perlu alarm telepon untuk membantu bangun pagi-pagi. Tapi sebaiknya jangan meletakkan ponsel terlalu dekat khususnya di dekat posisi kepala. Medan elektromagnetik dapat mengurangi produksi melatonin dalam tubuh yang dapat menyebabkan resiko peningkatan kanker dan penyakit lainnya.



9. Buatlah Percakapan Ponsel Secukupnya



Jika percakapan akan menjadi panjang, sebaiknya menggunakan telepon kabel. Satu studi menemukan bahwa setelah dua menit, aktivitas listrik otak dapat diubah untuk setidaknya satu jam. Oleh karena itu strategi mengalihkan dari telinga satu ke yang lain sangat disarankan.



10. Manfaatkan Layanan Pesan Singkat (SMS)



Radiasi yang dipancarkan saat berkirim pesan singkat lebih sedikit dibandingkan saat menerima atau melakukan panggilan suara. Selain itu, posisi ponsel saat berkirim pesan berada lebih jauh dari kepala dibandingkan saat melakukan panggilan telepon.



11. Hindari Penggunaan Ponsel untuk Anak-anak



Karena otak anak-anak dapat menyerap bahaya radiasi hanphone lebih cepat dan lebih banyak dari pada orang dewasa (dapat mencapai 2 x lipat).
Previous
Next Post »


EmoticonEmoticon